Thursday, February 25, 2016

Kerja Bakti di Era Google

Publikasi di :
http://www.kompasiana.com/dwim/kerja-bakti-di-era-google_55209c67a33311814646d054


Tema kerja bakti saat ini, penyemprotan nyamuk

Sepotong email meluncur masuk ke inbox. Ternyata dari pak RT 01 di Perumahan Bukit Golf Cibubur, Cluster Arcadia Blok A. Isinya adalah undangan bagi warga untuk kerja bakti hari Sabtu besok. Cara yang sangat praktis untuk mengundang kami warga pinggiran kota Jakarta yang sudah kabur sejak pukul 05.00 pagi dan baru masuk rumah kembali di atas pukul 20.00 malam.

Perumahan kami terletak di tepi Tol Jagorawi, berbatasan antara Cibubur, Depok dan Gunung Putri Bogor. Jauhnya rumah dan tempat kerja menyebabkan waktu berkumpul sesama warga sangat kurang. Disinilah teknologi dimanfaatkan. Untuk urusan diskusi dan undangan kumpul-kumpul, kami gunakan milis Google Group. Alamatnya adalah arcadia1@googlegroups.com. Untuk pembahasan urusan RT, tidak perlu secara fisik bertemu. Cukup chatting saja. Maka warga yang kebetulan sedang tugas di Eropa atau kebetulan masih umroh, tetap bisa memberikan saran dan masukan.

Praktis kan ?

Setelah kerja bakti, waktunya berkumpul dan makan cemilan

Pak Mucharom, pak RT kami yang energik dan baik hati, punya prinsip begini. Kerja bakti, buat para bapak-bapak sesungguhnya adalah seperti arisan bagi ibu-ibu. Lha iya. Sesungguhnya kalau untuk membersihkan area atau melakukan penyemprotan nyamuk, kami bisa saja mengumpulkan iuran dan mengutus orang lain untuk mengerjakannya. Tapi kalau semuanya dilakukan oleh orang lain, kapan ada waktu buat bapak-bapak berkumpul ?. Pertemuan yang sekali-kali ini, diimbangi dengan komunikasi dan diskusi di milis Googlegroups. Suatu ketika, seekor ular kecil sedang santai melintasi jalan menuju ke taman di komplek perumahan. Sontak, ular kecil yang sedang travelling ini diamankan oleh satpam perumahan. Dan laporan ular yang ditangkap ini disiarkan ke milis RT 01. Maka semua warga, baik yang di rumah - di tempat kerja - dan bahkan yang sedang di tanah Arab Saudi menerima beritanya secara instans. Memang beda berkomunikasi antar warga di Era Google seperti ini. 

Tempat sampah di RT kami harus seperti di gambar ini




Maka, tidak ada alasan lagi untuk tidak bersosialisasi antara warga. Di jaman dahulu kita bisa berkumpul gelar tikar sambil minum teh. Namun di Era maju seperti sekarang, dimana waktu sangat ketat dan terbatas, Google bisa menggantikan sarana ini. Terima kasih teknologi.













No comments:

Post a Comment